Kamis, 05 November 2020

Jaringan Komunikasi Nirkabel

Komunikasi tanpa secara fisik terpasang ke kabel selalu menarik dan jaringan komunikasi seluler dan nirkabel menjanjikan hal itu. Beberapa tahun terakhir telah menyaksikan pertumbuhan yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam jaringan komunikasi nirkabel. Kemajuan signifikan telah dibuat dalam teknologi yang mendukung lingkungan komunikasi nirkabel dan banyak lagi yang akan datang di masa depan. Perangkat yang digunakan untuk komunikasi nirkabel memerlukan fitur tertentu yang mungkin tidak diperlukan oleh perangkat komunikasi kabel. Fitur-fitur ini mencakup konsumsi daya yang rendah, bobot yang ringan, dan kemampuan komunikasi di seluruh dunia.

Dalam jaringan komunikasi nirkabel dan seluler, akses ke jaringan komunikasi adalah nirkabel sehingga pengguna akhir tetap bebas bergerak. Jalur komunikasi lain dapat berupa kabel, nirkabel, atau kombinasi keduanya. Secara umum, pengguna seluler, saat berkomunikasi, memiliki koneksi nirkabel dengan fasilitas komunikasi tetap dan jalur komunikasi lain tetap berkabel. Jangkauan komunikasi nirkabel selalu terbatas dan oleh karena itu jangkauan mobilitas pengguna dibatasi. Untuk mengatasi keterbatasan ini, lingkungan komunikasi bergerak telah dirancang. Dalam lingkungan komunikasi seluler, suatu wilayah geografis terbagi menjadi beberapa wilayah kecil yang disebut sel, sehingga disebut seluler.

Selain itu, diketahui bahwa spektrum frekuensi yang dapat digunakan untuk komunikasi nirkabel terbatas sehingga hanya dapat mendukung sejumlah kecil tautan komunikasi nirkabel dalam satu waktu. Membagi area komunikasi menjadi sel memungkinkan penggunaan frekuensi yang sama pada sel yang berbeda selama jaraknya cukup jauh untuk menghindari gangguan. Ini meningkatkan jumlah perangkat seluler yang dapat didukung. Kemajuan dalam algoritma pemrosesan sinyal digital dan elektronik yang lebih cepat telah menghasilkan perangkat komunikasi seluler yang sangat kuat, lebih kecil, elegan, dan serbaguna.

Area lain yang berkembang pesat adalah area jaringan komunikasi nirkabel ad hoc. Jaringan ini bersifat sementara dan dibangun untuk kebutuhan tertentu dan untuk jangka waktu tertentu. Tidak diperlukan penyiapan yang rumit untuk membuat jaringan ini. Karena beberapa perangkat komunikasi seluler saling berdekatan, mereka mampu membangun jaringan komunikasi di antara mereka sendiri. Situasi umum di mana jaringan nirkabel ad hoc dapat digunakan adalah di lingkungan kelas, rapat perusahaan, konferensi, situasi pemulihan bencana, dll. Setelah persyaratan jaringan terpenuhi, pengaturan jaringan ad hoc akan hilang.